17 June 2009

Penyakit Demam Berdarah

Guys, hati hati sama nyamuk.

tiga hari suamiku demam dan setelah test darah, trombosit dia rendah sekali, dan ibu dokter mengatakan dia kena demam berdarah.

Gejala awal demam berdarah

berikut adalah gejala awal demam berdarah yang dialami suami:
  • demam tinggi. selama 3 hari awal dia akan demam naik dan turun. paling tinggi suhu 39 derajat dan paling rendah 37 derajat (suhu normal). tapi mostly suhunya 38 derajat up and down. kita ga boleh panik. di tahap demam up and down seperti ini beri pasien: (1) obat penurun suhu (suggest merek: novalgin); (2) vitamin C (suplemen multivit - any brand will do); (3) obat tidur buat malam hari biar dia ga berkeluh kesah sakit tulang dll ^^
  • Pada masa masa awal demam, dia akan merasa tulang2 sakit semua, badan pegel, otot kaku, dan lemas. yang bisa kita bantu adalah memijat badan dia secara berkala
  • soal makan... penderita demam berdarah dan common fever lainnya pasti susah sekali disuruh makan plus jadi sangat sensitif terhadap bau dan rasa. jadi saranku beri bubur tanpa rasa atau oatmeal. hindari gorengan bumbu-bumbuan atau daging berlemak. kasih buah2an yang banyak dan jus 3 kali sehari.
  • setelah 48 jam demam yang tak kunjung reda, sudah waktunya kita membawa si sakit untuk test lab. jika hasil test lab menunjukkan kadar trombosit dalam darah lebih rendah dari 150.000 maka so pasti dia kena DEMAM BERDARAH. nah di sini dokter akan menyarankan pasien untuk di opname. biar bisa di monitor 24 jam dan diberi infus atau suntikan2 yang dianggap perlu. tapi pasien bisa saja tidak di opname dengan syarat, kita bisa memonitor dia 24 jam. dan setelah berdiskusi dengan dokter, akhirnya dia kepengen dirawat di rumah saja (takut rumah sakit tuh kayaknya)
  • setelah dia ketahuan kena demam berdarah, bawa dia pulang dan suruh bobo. ga boleh beraktivitas berat dan terus beri minum air, jus, dll. o ya, ada obat alternatif nyang namanya sari kurma (dalam botol kayak botol madu, harganya sekitar 25.000-50.000) yang katanya bisa meningkatkan kadar trombosit dalam darah. sekitar 70% temen2 menyarankan aq beli sari kurma... jadi tiap 2 jam beri dia 2 sendok makan sari kurma. rasanya enak lho...
Baiklah. kita sudah tahu gimana caranya menghadapi penyakit demam berdarah. namun tahukah kita darimana asal penyakit demam berdarah?

mari kita lanjut membahas mengenai penyebab demam berdarah.


virus dengue

virus dengue dalam tubuh manusia
penyebab demam berdarah adalah virus yang dinamakan virus dengue. virus dengue ini dibawa oleh nyamuk aedes ageypty yang betina.



bagaimana cara nyamuk ini menjadi carier virus dengue?



nyamuk aedes ageypty, betina



pada saat nyamuk ini menghisap darah orang yang terinfeksi virus dengue, maka virus ini akan ikut masuk ke dalam tubuh nyamuk. Di dalam badan nyamuk, virus tersebut berkembang biak. kemudian nyamuk ini terbang dengan membawa virus dan dan menggigit manusia sehat lain, dan kemudian menularkan virus tersebut ke manusia lain dan manusia malang ini pun menjadi sakit.


tapi jangan kawatir, manusia yang kena demam berdarah tidak dapat menularkan ke manusia lain. penyakit ini murni ditularkan dari nyamuk ke manusia terus ke nyamuk lagi. jadi kita tidak perlu khawatir tertular. kita hanya perlu kawatir tertular dari nyamuk yang menggigit orang yang kena demam berdarah.


mengenal demam berdarah


penyakit demam berdarah dimulai dengan munculnya demam secara tiba2 disertai sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, dan munculnya ruam (ruam demam berdarah berciri2 merah terang dan biasanya muncul dari bagian bawah badan dan kemudian menyebar hingga menyelimuti hampir seluruh tubuh). selain itu pasien juga akan mengalami radang perut, mual, muntah, diare, pilek ringan disertai batuk2.


Keluarga pasien wajib waspada apabila penderita mengalami demam tinggi 3 hari berturut2. banyak penderita mengalami kondisi fatal karena keluarga menganggap ringan gejala2 tersebut.

Penyakit demam berdarah ini umumnya lamanya sekitar enam atau tujuh hari dengan puncak demam yang lebih kecil terjadi pada akhir masa demam.


Mengobati demam berdarah


sampai saat ini tidak ada vaksin untuk membasmi virus dengue yang menjadi sebab penyakit demam berdarah.


yang perlu kita lakukan:

  • membantu penderita dengan memberi obat penurun panas
  • memberi vitamin c (untuk meningkatkan daya tahan tubuh)
  • jangan sampai penderita mengalami dehidrasi, beri minum yang banyak bisa berupa air mineral, elektrolit atau jus buah
  • jaga terus asupan makanan
  • coba pengobatan alternatif: sari kurma, angkak, daun jambu biji, dan jus jambu biji
jika semua diatas tidak menunjukkan hasil dan trombosit terus menurun drastis (di bawah 50.000 berarti solusinya adalah transfusi darah untuk mengembalikan jumlah trombositnya.

6 comments:

li'l miss G said...

did u write that all or copy paste, bnr2, jadi ahli lu tes.. bikin majalah aja

tessa said...

when it comes to somebody that you care a lot, you will try to find out everything and will try anyting. anu em itu... hehe... copy paste dari berbagai sumber terus di sadur pakai bahasa yg mudah di mengerti. intinya dapet dari gugling. eh elu... hati2 sama nyamuk pagi dan siang!!

Anonymous said...

wah infonya lengkap banget :)
salut... :D

yhan said...

Wah, saya juga pas banget lagi proses menulis tentang DB, eh udah keduluan mbak.. nice post ^^,

tessa said...

ehem... no comment ah. yg penting dia sudah sehat. yuppie!

Gerakan Nasional Cegah DB said...

postingan yang bagus. Pengetahuan dan kepedulian seperti ini yang dibutuhkan untuk menghabiskan wabah DB dari Indonesia.

Dukung Gerakan Nasional Cegah DB