24 March 2009

Weekend di Jogja Part 1

the trio


Dimulai dari rencana 3 sobat karib yang ingin liburan backpacker tapi selalu tertunda karena pekerjaan. Dan kebetulan pada hari jumat-sabtu-minggu ini semua pada bisa. Maka kita semua brrrr-angkat ke jogja hari jumat malam. Aq n suami berangkat dari bandung. Tante iin, tante upin & ncib dari jakarta. Total backpacker 5 orang.

Hari Jumat malam, aq dan suami naik angkot ke stasiun Kebun Kawung, rencana go show beli tiket ke jogja. Sebenarnya sih dia emoh... karena tau bakal cape wisata backpacking kayak begini. Tapi demi istri tercinta, (katanya hehehehe) berangkatlah dia.

Maka dengan satu ransel besar isi baju dan perlengkapan sana sini kami berangkat ke jogja. Kereta yang kami naiki adalah kereta api Lodaya bisnis jurusan Bandung-Solo (via Jogja) dengan harga tiket rp. 110.000/orang.

Karena go show, kita ga bisa memilih tempat duduk. Jadi kita duduk dekat WC dan menghadap terbalik... teman seperjalanan kami adalah pasangan muda mudi yang sepertinya baru menikah. Mereka benar-benar mesra... mungkin mereka pikir kita berdua tertidur, jadi mereka braksi grepe-grepean pengang sana pegang sini selama perjalanan malam itu... dasar mataku sipit... jadi aja mereka ga sadar kalo ada yang mintipin aksi mereka berdua... hahahahahhaha.

Tepat jam setengah lima pagi keesokan harinya. Hari sabtu, kami sampai di stasiun tugu. Suamiku begitu turun dari kereta, langsung mlongsoor ke arah kursi tunggu dan menghempaskan badannya mengambil jatah 4 row kursi dan tidurrr lagi. Ckckckc.

tidur di stasiun


Kereta dari Jakarta belum kunjung tiba. Aq sibuk menelpon iin / tante upin / ncib tapi ga ada jawaban. Akhirnya aq bertanya ke bagian informasi soal kereta mereka...

“sepertinya KA Senja dari Jakarta jurusan Solo Balapan masih lama, Bu. Mereka saat ini masih di area Purwokerto....” kata petugas informasi. Matanya meraaah kayak kurang tidur.

Artinya masih sekitar 3 jam lagi baru sampai Jogja. Karena masih lama. Dan saat itu juga masih sekitar jam 5 pagi... Aq segera call sobat lamaku di jogja = WIDIA (temen dari SOROAKO juga, tetangga sebelah rumah, temen tk-sd-smp). Karena rencana kami semua akan numpang bobo di rumah dia, memberitahu bahwa aq dan suami sudah tiba/ soal Anak2 dari jakarta kita pikirkan nanti aja. Hehehehhehe.

Satyo dan Widia sudah menunggu di parkiran. Kita dijemput pake xenia bow. Dari tahun 94 baru kali ini aq ketemu lagi sama satyo (adeknya widia). Duh udah dewasa banget deh anaknya. Lalaki guanteng. Jejaka tulen. Wekekekeke. Dulu tuh seingetku masih cungkring2 lucu gitu temenan sama adekku si donna. Karena rumah sebelahan. Kita suka main bareng dan manjatin pohon mangga nya mereka... “tante tanteeee... minta mangganya dwooongggg” gitu biasanya kalo sudah sore habis pulang sekolah.

Sampai di rumah Widia. Aq terseponah... rumahnya guedheeee dan lokasinya strategis abis. Deket amplaz (ambarukmo plaza... sori guys. Waktu subuh2 itu gw masih agak2 eror... jadi aja sms nya ngaco... ambarukmo jadi ambasador plaza. Wawkwakwak) dan kemana2 tinggal jalan kaki. Aq yakin kalo dijadiin kost-kostan pasti laku bangetz. Hehehehhe.

Jam 6 pagi aq telpon krucil dari jakarta.
“halo lagi dimana ini?”
“ga tauuuuuuu” kata iin. “Kutoarjo kali...” lanjutnya
“kalo sudah sampe WETAN call gw yah. Biar ntar dijempuuut” kataku
“okeh” kata iin

Aq tutup telponnya tanpa menyadari barusan salah ucap... seharusnya WATES bukan WETAN... dasar ngaco hahahahah. Dan karena aq ngaco... kru jakarta bener2 dibuat bingung mencari stasiun WETAN... bukannya WATES.

Jam 7 pagi aq ditelpon sama krucil2 itu.
“tes, lokomotif kita rusak. Dari tadi masih di kutoarjo. Ga gerak2.
“lho jadi tante sampe jogja kira2 jam berapa?” tanyaku
“apa bagusnya kita turun kereta aja ya... orang2 sudah pada turun tuh” usul tante iin.

Widia yang mendengar percakapan ku langsung bilang jangan. Sebaiknya tunggu di kereta aja. Depo dari situ dekat. Jadi paling menunggu 15 menit untuk ganti lokomotif dengan yang baru.
“tunggu lokomotif baru aja tante... jangan turun yah.” Kataku.

Ahirnya jam 10.00 pagi sampai juga mereka di Jogja. Aq yang udah merem merem ga jelas dari tadi dan suami yang mendengkur dengan enyaknya di kasur akhirnya menjemput 3 krucil yang sudah bete kena kepul asep rokok di kereta hasil perbuatan bapak2 mukabadaktakpedulisekitaryangtampangnyasuperjeyuek.

Mereka cerita kalo di dalem kereta bapak2 nyebelin itu ngepul kretek sam*** yang asli bau banget dan dia ga peduli samping kiri kanannya yang udah pada tutup idung. Ada yang tutup idung pake jilbab, tisu, handuk, lengan baju, dan ada juga yang sampe kipas2 depan dia... tapi teteeeep ngepul. Analisa pendidikan si Bapak: ga lulus SD dan nilai moral di raport ‘kurang’.

Di stasiun kita dapat kejutan... ada RINA dengan jilbab bunga2 nya lucuuu banget... seperti hatinya kali yang lagi berbunga2 karena masih manten baru... swegerr banget deh ngeliat dia senyam senyum gitu. Untung ada rina. Kalo ga bisa-bisa kita kesasar di kota jogja.

Setelah kru lengkap semua. Tanpa mandi tanpa gosok gigi (yg dari jakarta lhooo. Yang dari bandung udah sempet mandi di rumah widia) kita TANCAP GAS ke BOROBUDUR. Kita berhasil dapat pinjaman mobil dari Widia.


PILOT: Dolyn (suamiku yang udah sweger karena tidurnya nyenyak).

Co-pilot: tessa (yang ga guna karena panikan tiap liat motor nyalip pasti tereak!!!)

“Banyak motoris di jogja, mbak. Mereka suka seenaknya. Aku termasuk kok hihihihi. Kalau mau belok. Belok dulu baru kasih sen... kalau mau muter, biasanya muter dulu baru liat belakang... jadi harus hati2 bawa mobil” jelas Rina melihat kita-kita yang agak kaget sama tingkah polah motoris JOGJA. Dua kali kita hampir menyerempet motor gundal gandul sepanjang jalan ke borobudur.


krucil tour ke borobudur + driver multitaskin Mr.D

Tak lama. Sampai lah kita di Borobudur. Jarak tempuh hanya 1 jam. Sejak tahun 90. ini yang kedua kali aq ke sana. Borobudur masih tampak megah berdiri. Dan lebih indah karena rapih. Sisa2 gempa bulan Mei 06 kemarin masih terlihat pada bangunan kokoh itu. Ada beberapa retakan pada dinding dan tiang penyangga bangunan terlihat miring. Beberapa rumah buddha tampak ompong... sang buddha tampak tak berlengan dan tanpa kepala.

“waktu gempa itu, tes... kita sampai ga bisa berdiri. Serasa didalam kotak yang dikocok2. mau berdiri susah banget apalagi mau lari.” Jelas widia waktu kutanya soal gempa jogja pagi tadi.



No Cratching = Dilarang Garuk-Garuk (?)



Sekedar info aja teman2: gempa bumi jogja 2 tahun lalu itu tanggal 27 mei 06, sekitar jam 05.55 WIB selama 57 detik. Kekuatannya 5.9 skala richter. Banyak rumah di kawasan bantul yang rusak total akibat kekuatan alam maha dahsyat itu.

“ambruk bruk, mbak.. rumah2 di daerah bantul dan kawasan pantai habis semua“ jelas rina.

Aq dan suami terpisah dari rombongan. Sementara temen2 pada mulai photo session, kami asik bermain tebak2an.


Coba hitung berapa banyak jenis hewan yang muncul pada relic di dinding candi borobudur?



Berapa banyak harem dada terbuka yang ada di dinding borobudur?





Dan satu lagi…

Kenapa rambut buddha pada keriting? Apa semua orang yang suci di jaman itu berambut keriting?



What Buddha might see in his place




Hem?

Ga lama di borobudur, langit tiba2 berubah gelap. SMS dari widia memberi tahu kalau jogja hujan derasss banget siang itu. Waduh, aq jadi khawatir gimana dengan parangtritis, hujan juga kah? Masih bisa dikunjungi kan.

Aq segera menelpon krucil2, hujan sudah mulai rintik2. kita harus segera berangkat… duh perutku agak laperr. Pas lihat jam, 13.30 WIB… jelas lapar lah. Hihihihi.

Selama perjalanan ke parangtritis krucil pada tidurrr semua. Chuape banget sepertinya. Aq kok ga berasa cape ya. Semangat masih tinggi.
Lampu lalu lintas di Jogja keren banget. Ada detiknya persis seperti di bilangan segitiga emas jakarta (Sudirman-Kuningan-Thamrin). Biar di pinggiran kota atau di tengah kota lampu merah nya pakai detik. Biayanya kan ga sedikit huebaat deh gubernur jogja… siapa lagi doong Sri Sultan..



end of part one








6 comments:

kemayoran motor said...

wah.. bagus juga deskripsinya. tapi kok gw ditulis tidur mulu yaaaa... hahahahhaha...

Anonymous said...

Huaaaaaaaaa....seru nya...ko ga ngajak2? Hehehe :)

Btw, hayuks atuh makan di rubini. Mau kapan ketemuannya? ^_^

tessa said...

@ dolyn: emang kmu tidur muluuuuu hehehehehe. bener2 hebat bisa bobo di segala situasi dan kondisi.

@ andin: ini acara mendadak banget ndin. gw aja baru minta ijin sama nyokap pas mau berangkat. yang parah tuh temen gw di jakarta si chibi... dia lupa bilang ke nyokap. alhasil nyokap doi jadi khawatir. tapi untung udah beres semua.

Anonymous said...

setau kemaren terakhir naek kereta Lodaya bisnis masih 90rb. udah naek ya?
trus kursinya kan bisa di balik kl hadap2an. n yakindah emang, di kereta susah tidur dengan sandaran kursi yang hampir tegak sudut siku 90. hehe.

wah, dulu Jogja kota sepeda oleh orang2 asli, tapi semenjak di jajah oleh mahasiswa tanah air jadi kota motor deh. hehe.
krucil2 harusnya nyari tabung pemadam wat madamin rokok bapak2 itu. hahaa....

jawaban teka-teki:
1. jumlah hewannya g terhitung, karena sebenarnya mereka selalu ganti shif kl tengah malam. xixi
2. g ngerti pertanyaannya * coz under 17. xixi
3. keriting coz jaman dulu belum pada tau rebounding. xixixixixi.....

li'l miss G said...

Ralat: bukan kutoarjo,tapi karanganyar. ada potonya.
- bapa2 rokok dianc*k itu kayanya mah orang pendidikan, orang berkali2 ngomongin ugm, buku umptn, masak calo mahasiswa?

request: detil cerita pasangan muda dari bandung itu dong..
-copilot jngan grepe2 ama suaminya di perjalanan jauh. bahaayyyyaa..
-gue gatau harus bilag untung ato sayang kepisahdi borobudur.. hihii.. 'superman ato superindo?'
- kalo kita orang jogja, KITA CONTRENG LIMA KALI tu muanya KRM roy suryo asli tanpa rekayasa, angelina sondakh kebayaan, bapak2 sama semar, dan yang sok gantng2 itu...

Anonymous said...

jadi kepengen nulis juga bout jjj (jalan-jalan jogja) kmaren...

ayo ber-6 pada bikin versi..
1. v pilot
2. v co-pilot (tkg grepe2)
3. v tante2
4. v analis jalanan by foto caleg
5. v org hamil
6. v org cantik (that's me)