09 November 2009

Bikin Paspor itu Mudah

Nyokap wanti2 dr berminggu2 sebelumnya, jangan bikin paspor sendiri, pakai jasa orang dalam aja, ga papa bayar lebih yg penting ga ribet. Kamu kan travel agent, kok malah mau yg repot. Dan dasar aq nya keras kepala, kubilang ke nyokap kalau aq mau bikin sendiri. Mau ke kantor imigrasi lgs. JALUR RESMI! Jadi dengan berbekal air minum, roti, dan satu buku bacaan plus uang 500rb! (Buat jaga-jaga) Aq pergi ke kantor imigrasi pagi bgt.

Jam 08.00 aq sdh stand by di sana. Suasana sdh rame sama ibu2 yg janjian bikin paspor bareng.
Sebelum itu, baik aq kasih tahu dulu persyaratan pengajuan pembuatan paspor, yaitu membawa berkas berupa:
Ktp asli dan fotokopinya
Akte lahir asli dan fotokopinya
Kk asli dan fotokopinya
Ijasah pendidikan asli dan fotokopinya
Surat pemandian agama dan fotokopinya
Akte nikah asli dan fotokopinya
Surat ganti nama asli dan fotokopinya (kalau ada)

Lalu berkas2 itu qta pisah yg asli dan yg fotokopi. Di sana qta wajib membeli map khusus pengajuan paspor di koperasi karyawan, rp. 6rb. Cih, map biasa ga boleh, harus pake map yg ada cap logo imigrasi. Lalu kita mengambil formulir permohonan pengajuan paspor yg harus qta isi. Semua nya gampang bgt. Kemudian qta mengambil nomor antrian untuk proses penyerahan berkas ke pegawai yg bertugas. Karena aq datang pagi, maka nomorku cepat sekali di panggil.

Aq maju dan menyerahkan berkas. Pegawai memeriksa berkas dgn cermat, dan yg asli dia serahkan kembali kepadaku. Lalu dia menuliskal slip tanda terima berkas dan membuat kwitansi pembuatan paspor sebesar rp. 270rb nett. Wah lebih murah dr perkiraan. Kemudian aq melanjutkan pergi ke bagian kasir, sebuah pintu yg berbeda lagi. Di sana tidak perlu menunggu lama. Aq lgs membayar dan mereka memberi jadwal poto session dan interview 1 minggu berikutnya. Aq pulang dengan terheran2. Jam 09.00 pagi aq sdh selesai. Buku bacaan, roti dan air minum tak tersentuh. Hebat juga kantor imigrasi bandung.

Satu minggu berikutnya aq pergi lagi untuk poto session n interview. Karena datang pagi, aq pun tak perlu menunggu lama. Setelah 5 orang, kemudian aq dipanggil masuk ke ruangan interogasi. Pegawai yg bertugas interview ada 3 orang. Masing2 meng-interview satu orang. Pertanyaan2 mereka std banget:
Mengapa membuat paspor
Negara mana yg akan dikunjungi
Berapa lama rencana tinggal di negara tersebut
Apa yg akan dilakukan di negara tersebut
Dan terakhir, (sambil bisik2), ibu boleh lewat saya nanti kalau ada tamu yg mau bikin paspor.... (Lha dia tau saya dr travel agent... Hehehe). Selesai interview, lgs poto paspor dan selesai. Tinggal tunggu 1 minggu untuk mereka memproses paspor. Start 08.00 wib, jam 10.00 sdh selesai. Aq pulang lagi tanpa sempat menyentuh buku bacaan.

Next week, kembali ke kantor imigrasi. Paspor ku sdh selesai. Aq ambil no antrian, kuserahkan no tsb dengan mencantumkan nama ku pada no antrian tsb pada pegawai pengambil paspor, dan tdk lama, aq dipanggil. Pasporku jadi. Aq siap jalan / wisata ke luar negeri. Yay!

Lesson learned:
Usahakan pergi pagi hari biar semua cepat selesai



















1 comment:

Fridzy said...

tess, elu tmasuk org yg beruntung kaliii, gw dah coba dtg sendiri tetep ada calo huuuuuuhhhh (plus ga dtg pagi hehe)